Jumat, 01 Maret 2019

Yuk cari tau cara membuat es tebak dari ranah minang


Es tebak merupakan minuman khas dari Sumatera Barat. Minuman yang segar dan dingin ini adalah sangat mudah di temui di tempatnya, dan jika Anda para perantau di Jakarta, Anda juga bisa menemukan es tebak di beberapa tempat di Ibukota.
Es tebak sendiri pada dasarnya merupakan minuman es campur. Seperti halnya es campur biasa, es tebak berisi campuran-campuran dari beberapa jenis panganan seperti, potongan nangka, kolang kaling, cincau, daging kelapa muda, alpukat, tape atau tapai dan tentu saja tebak itu sendiri. Yap, tebak merupakan sejenis makanan di Sumatera Barat. Tebak ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie setelah dimasak menyerupai cendol.
Tebak dimasak dan dicetak dalam sebuah cetakan cendol sehingga bentuknya agak mirip dengan cendol. Namun, perbedaannya adalah jika cendol yang umumnya kita kenal berwarna hijau karena ada campuran pandan, nah tebak ini berwarna putih dengan tekstur yang sedikit lebih keras. Tebak ini juga mirip dengan serutan kelapa muda.
Setelah semua bahan dicampur, lantas, di atasnya diberi es serut dan kemudian disiram kuah santan, sirop, susu kental manis, air gula tebu, dan lengkap sudah campuran tersebut menjadi es tebak khas minang. Tebak inilah yang menjadi pembeda antara es campur dan es tebak. Oke langsung saja kita ke resep es tebak, buat Anda yang berada di dataran rendah dan suhu cuaca sering panas, maka silahkan membuat es tebak sendiri di rumah Anda. Siapa tahu selain bisa melepas dahaga dan menyegarkan kembali tubuh, juga bisa mengobati home sick para perantau.
Resep Es Tebak
1.Membuat TEBAK. Bahan-bahan :
·         175 gram tepung beras
·         25 gram tepung sagu
·         750 ml air
·         2 sendok teh air kapur sirih
·         1/2 sendok teh garam
2.Sediakan santan :
·         1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
·         1/2 sendok teh garam
·         2 lembar daun pandan, ikat simpul
3.Sediakan kolang-kaling :
·         350 gram kolang-kaling
·         75 ml air
·         1/4 sendok teh pewarna merah
·         80 gram gula pasir
4.Campuran lainnya :
·         250 gram tape ketan hitam
·         250 gram cincau hitam, potong kotak
·         100 ml susu kental manis
·         100 ml sirup merah
·         700 gram es serut
Resep Es Tebak. Cara membuat :
1.      Pada resep es tebak ini cobalah aduk rata bahan tebak. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup.
2.      Tuang di atas saringan cendol. Tekan di atas wadah berisi air dingin. Sisihkan.
3.      Kuah santan, rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.Kolang-kaling, rebus air, pewarna merah, dan gula pasir sambil diaduk sampai larut. Tambahkan kolang – kaling. Diamkan sampai meresap.
4.      Sajikan bersama kuah santan, kolang-kaling, dan pelengkap untuk 7 porsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar